Cari Ileran

Memuat...

Minggu, 22 Januari 2012

Peraturan Baru KFC

So, ada banyak komplain soal peraturan baru KFC yang mulai diberlakukan (katanya) 15 Januari yang lalu. Termasuk thread kaskus yang ini, atau di halaman milik KFC Indonesia. Mereka semua mengeluhkan hal yang sama. Yaitu soal tidak diperbolehkannya membeli ayam yang berukuran besar secara satuan.

Let me explain first soal ayam "besar" dan ayam "kecil"...

Di KFC dan di toko toko ayam goreng lainnya. Ada dua kelas ayam. Ayam besar, alias dada. Dan ayam kecil, alias sayap, dan paha. Bedanya, ukurannya. Ukuran dari paha dan sayap bisa dibilang jauh lebih kecil daripada ukuran dada. Tarolah kalo kamu makan paha, abis dalam 5 hingga 8 gigitan. Tapi kalo makan dada, bisa 8-15 gigitan tergantung berapa kapasitas mulut dan apakah tulangnya dimakan juga kayak gw atau enggak.

However. KFC memberlakukan larangan penjualan ayam besar (baca: dada) secara satuan. Bagi yang mau beli satuan, diharap beli paket, atau harus digabungkan dengan ayam kecil. Ini sudah diumumkan secara resmi di Facebook KFC Indonesia

dafuqklik gambar untuk memperbesar, atau baca disini

Apa konsekuensinya bagi kita, konsumen?

Mengeluarkan uang lebih banyak. No more user created simple menu.

Dulu gw kalo makan di KFC selalu memakai user created menu, yaitu: 1 dada + nasi + softdrink regular. Semuanya Rp20000 sudah termasuk pajak. Baru baru ini KFC menaikkan harganya menjadi Rp10909 belum termasuk pajak atau Rp11999 setelah pajak. Artinya menjadi Rp22000.

Nah berapa harga paketan?

Sayangnya harga paketan ini sulit untuk diketahui. Selain yang ditempelin CD (baca: KFC Hitlist), nama dan harga pake KFC sering sekali berubah. Sehingga daftar yang gw kasih sangat cepat obselete. Tidak berlaku dan harus diperbarui. Dan sementara gw tidak punya banyak waktu untuk memperbarui harga-harga ini.

Sumber di Kaskus menulis kalau harga paketan ini minimum Rp25000. Apakah sudah termasuk pajak atau belum tidak diketahui. Sementara harga 2 pieces chicken adalah Rp20000 sehingga dengan pajak menjadi Rp22000.

How to circumvent this?

BYORAD, bring your own rice and drinks. Seperti yang gw tulis di Hacking KFC, bawa nasi sendiri dan minum sendiri. Rp22000 dengan nasi segede porsi nasi padang dan minum segede 1500ml sudah bisa sangat mengenyangkan. Itu kalau makan sendiri. Kalau makan berdua? Nah itu masalahnya. Gw gak mau makan dengan ayam yang kecil. Sekian.

So.

We have problem, Houston. Ayam harus dipaket, tidak bisa beli satuan, dan harga lainnya yang mahal. Jika demikian, gw tidak begitu mensuggest untuk makan di KFC sampai peraturan ini di-repeal. Kalo mau chicken party, try Hacking KFC

And… Houston, we got more problem…

Marah2

3 komentar:

  1. kemarin baru ke kfc magelang habis 100ribu perak,,lumayan puas dng menunya

    BalasHapus
  2. Ada staf KFC gila rela mati demi companynya. ayam gede dipaketin? pfff... that's why I don't eat there anymore or call for delivery. your place SUCKS anyway. bye bye crappy restaurant!

    BalasHapus
    Balasan
    1. @Hendy: demen makan di warteg tiap hari ya....

      Hapus