Cari Ileran

Senin, 25 Oktober 2010

Ngiler PureIt

Dari kemarin iklan Unilever PureIt, emang beredar terus di Indonesia. Dibintangi sama artes terkenal Indy Barends dan Muhammad Farhan yang dua duanya influencer terkenal. PureIt ini katanya adlaah sejenis produk penjernih air. Saking jernihnya mereka mengklain kalo produk ini sangat aman dan “seaman air yang di didihkan” alias “as safe as boiling water”.

Gw percaya dengan klaim mereka, kenapa? Karena test casenya bukanlah Indonesia dan bukanlah negara dengan kondisi air seperti Indonesia. Negara itu adalah India. India setau gw emang kondisi airnya lebih parah daripada di Indonesia. Jadi sebenernya dengan atau tanpa sertifikatpun, gw percaya.

4 Kali Penyaringan

Unilever PureIt dibikin dan ditest untuk pertama kalinya oleh Hindustan Unilever, anak perusahaan dari Unilever untuk India. Kayaknya mereka emang mengambil bisnis pemurnian air dengan gaya murah.

PureIt sendiri memakai sistem penyaringan 4 langkah. Pertama saring dulu kotoran besar, lalu saring lagi dengan saringan mikro. Setelah itu bakteri dibunuh dengan GermKill Processor, dan kemudian “dipoles”, agar menjadi air yang jernih dan enggak bau.

Wow! Siapa sih yang enggak tertarik, gw aja tertarik kok, apalagi dengan harga unitnya yang cuma 500 ribu tanpa listrik dan baterai. Wait lalu, kalo dilihat dari prespektif perusahaan, kok kayaknya untungnya dikit banget?

Lalu?

Sama seperti model bisnis Apple yang sekarang lebih mengandakan AppStore dan bisnis printer yang lebih suka masok tinta, Unilever juga ternyata membikin skema seperti itu. Filter dari PureIt ini harus diganti setiap nyentuh angka 1500 liter, atau sekitar 80 galon air.

Harganya? Jika di India, asal PureIt, sistem GermKill Kit ini dijual murah juga, 150 ribu untuk 2250 air, dengan uang yang sama di Indonesia gw “hanya” bisa beli buat 1500 liter air aja. Masih terlalu mahal dan perbedannya kurang signifikan kalo dibanding Air Isi Ulang. Gw akan nunggu harga filternya rada turun dikit, ya minimum setahun gw bisa hemat 250ribu. Nggak cuma 160ribu seperti yang tercantum di Facebook PureIt.

1 komentar: